Plafon PVC Bringhome Exclusive dan Premium
Plafon atau langit-langit adalah salah satu aspek penting dalam bangunan. Tidak hanya memberikan fungsi praktisnya dalam struktur bangunan, tapi juga memberikan kenyamanan, keamanan, bahkan estetika. Mengenal jenis-jenis bahan untuk plafon akan membantu Anda menentukan material mana yang cocok untuk Anda.

Ada 4 jenis bahan plafon yang paling sering digunakan di Indonesia.

1. Triplek

Bringhome plafon pvc premium lebih dari plafon triplek
Triplek pernah menjadi bahan favorit untuk plafon pada masanya. Dijual dalam lembaran dengan beragam ketebalan, pemasangannya cukup mudah karena bobotnya yang ringan. Harganya pun terbilang murah. Namun kekurangan terbesarnya ada pada ketahanan. Triplek kurang tahan dengan air sehingga mudah lembap, mengembang, bahkan berjamur jika dibiarkan basah dalam kondisi lama. Triplek dijual dalam lembaran berbagai variasi ukuran dan ketebalan. Triplek MDF untuk plafon misalnya, berukuran standar 122 cm x 244 cm,dengan pilihan ketebalan dari 3mm, 6mm, hingga 18 mm. Untuk plafon, biasanya menggunakan 3mm dengan beratnya sekitar 3 kg/m2

Kelebihan
Harga paling murah
Stok mudah didapat
Pemasangan mudah
Mudah diganti
Ringan

Kekurangan
Tidak tahan air
Sambungan antar lembar triplek masih terlihat
Cepat terbakar saat terkena api
Harus sering dicat ulang sebagai perawatan

2. Gipsum

Plafon PVC Lebih baik dari Gipsum
Gipsum adalah bahan mineral tambang yang diproses menjadi lembaran-lembaran. Gipsum menjadi lebih populer sebagai material untuk plafon dibandingkan tripleks karena karena gampang dibentuk sehingga banyak dibuat dengan beragam model dan desain plafon. Permukaannya pun lebih mulus dibandingkan triplek dan sambungan antar lembarannya bisa terlihat lebih rapi. Sayangnya, gipsum sangat rentan dengan air dan kelembapan. Di pasaran, salah satu ukuran panel gipsum untuk plafon sekitar 120 cm x 240 cm dengan tebal 9 mm dan berat sekitar 5 kg/m2.

Kelebihan
Hasil lebih rapi dibandingkan triplek
Desain yang lebih beragam

Kekurangan
Sangat rentan dengan air sehingga mudah rusak
Material kurang awet

3. GRC

Plafon PVC lebih baik dari GRC
GRC adalah singkatan dari Glassfiber Reinforced Cement. Material ini terbuat dari serat kaca dengan tekstur seperti beton, tapi agak lentur. Fleksibilitasnya dalam desain hampir mirip seperti gipsum. GRC cukup populer sebagai plafon karena lebih tahan terhadap api dan air dibandingkan gipsum dan triplek. Meski begitu, GRC biasanya dijual dengan lembaran yang lebih besar dan lebih berat dibandingkan triplek. Variasi ukuran dan ketebalan panel GRC sangat beragam. Namun, salah satu ukuran untuk plafon yang bisa dipakai adalah 122cm x 244cm, ketebalan 4mm, dengan berat sekitar 5-6kg/m2. Pemasangannya pun, juga lebih rumit. Butuh teknis yang berpengalaman agar pemasangan bisa rapi. GRC juga tidak terlalu kuat karena strukturnya yang cukup rapuh.

Kelebihan
Tahan api dan air
Bisa untuk banyak model atau desain
Harga murah

Kekurangan
Lebih rapuh, tidak tahan terhadap benturan
Pemasangan lebih rumit
Lebih sulit didapatkan di pelosok daerah dibandingkan triplek dan GRC

4. PVC

Plafon PVC Bringhome Untuk Kantor
Polivynil Cholride adalah kepanjangan dari PVC dan saat ini menjadi material yang semakin populer untuk plafon bangunan Tentunya, hal ini terkait dengan keunggulan dan kemudahan yang ditawarkan. Plafon PVC adalah bahan plastik yang ringan, tahan lama, dan meskipun kokoh, bahannya cukup lentur. Hal ini membuatnya sangat mudah dipasang. Plafon PVC yang tersedia di pasaran memiliki tebal 6mm atau 8mm, tersedia dalam bentuk panel lebar 20cm dan opsi panjang 3 meter, 4 meter, dan 5 meter. Plafon PVC yang terpasang memiliki berat sekitar 2 -3.5kg/m2.

Selain itu, PVC juga tahan air dan rayap sehingga akan sangat awet. Jika terkena api pun, api tidak mudah merambat sehingga lebih aman dibandingkan material yang terbuat dari kayu. Kekurangannya memang modelnya yang tidak semudah itu untuk dibentuk, namun saat ini mulai banyak yang menawarkan plafon PVC dengan banyak warna dan motif dengan tampilannya yang tetap stylish.

Kelebihan
Lebih tahan terhadap air dan api
Anti rayap
Material ringan
Mudah dipasang dan dirawat
Kokoh dan tahan lama

Kekurangan
Harga relatif lebih tinggi
Tidak mudah dibentuk

Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

PVC mulai dikenal pada pertengahan abad 20 sebagai material yang umum digunakan dengan berbagai kelebihannya. Mulai dari bahan pipa yang Anda pasti sudah sering mendengarnya, hingga meja, kursi, botol minum, dan sebagainya. Saat ini, lebih dari 50% produksi PVC digunakan untuk konstruksi, salah satunya material plafon.

PVC memiliki keunggulan tersendiri sebagai bahan untuk plafon. Kemampuannya yang lebih tahan air menjadi salah satunya. Sering kali, atap menimbulkan rembesan-rembesan air dan ruangan memiliki kadar air yang tinggi. Material lainnya dengan bahan dasar kayu atau mineral tambang lainnya, bisa begitu sensitif terhadap air. Sehingga, meski ada yang tergolong lebih murah dibandingkan PVC, dalam jangka panjang justru meningkatkan biaya perawatan dan penggantian. Belum lagi rayap yang menyerang dan bisa mengakibatkan plafon lain dengan material kayu menjadi lapuk dan rubuh. Bahaya dari binatang kecil ini tidak bisa dianggap remeh. Sementara material PVC, dapat bertahan dari rayap.

Meski harga perlembarnya relatif lebih mahal dibandingkan material lainnya, PVC mempengaruhi suhu ruangan sehingga pemakaian AC (air conditioner) menjadi lebih efektif dan tagihan listrik menjadi lebih efisien. Mempertimbangkan konstruksi materialnya, terdapat rongga di antara layer yang diisi oleh udara. Pada siang hari, panas matahari akan tersimpan di atap dan tidak sepenuhnya masuk karena terhalang udara di antara lapisan panel. Membuat suhu ruangan tidak cepat panas. Saat malam hari, dan suhu di luar menjadi lebih dingin, panas mulai dilepaskan ke dalam ruangan sehingga suhu ruangan tidak terlalu dingin.

Bagaimana ketahanan terhadap api? Bukan berarti ketika dihadapkan pada api tidak rusak. Tetapi, api yang datang mengenai PVC tidak akan merambat (fire retardant). Sehingga di situasi terjadi kebakaran, plafon yang terbuat dari PVC cukup membantu agar api tidak menjadi lebih besar.

Apakah sudah yakin dengan pilihan material untuk plafon Anda?

_______

Mencari plafon PVC? Anda bisa mendapatkan beragam motif yang sesuai dengan interior bangunan yang Anda inginkan. Cek koleksinya di https://bringhome.id.
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram